Cara GILA merawat diri sendiri yang sedang terserang FLU

Woman-with-cold-sneezing-007

Apakah Anda pernah mengalami keadaan dimana badan terasa sangat tidak nyaman, pernafasan teruatama diarea hidung menjadi tersumbat, lalu Anda tiba-tiba bersin dan kadang tanda-tanda ini disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala dan mata yang terus saja berair dan kadang sensitive dengan adanya cahaya. Anda bisa dikatakan sedang terkena tanda dan gejala Flu atau Cough. Beruntung jika tidak disertai dengan fever atau demam.

Jika Anda pernah, maka Anda akan sepakat dengan saya dan mengatakan bahwa keadaan ini sungguh “tidak nyaman”. Keadaan seperti ini akan menghambat hampir seluruh kegiatan harian yang biasanya Anda lakukan dan tentu saja akan menghambat datangnya rejeki. Lalu, apa yang dapat kita lakukan ?

Ini adalah beberapa tips dan cara yang biasanya saya terapkan dalam mengatasi keadaan tidak nyaman seperti ini.

Sadari bahwa ini adalah pemberitahuan dari tubuh Anda yang mengatakan “ saatnya istirahat “. Ya, keadaan ini adalah tanda bahwa saat ini daya tahan tubuh Anda sedang tidak baik dan Anda terlalu bekerja keras dalam beberapa hari ini. Jangan menghakimi diri sendiri dengan memaki atau memarahi diri sendiri karena hal dan keadaan ini, tetapi mari ‘bersahabat’ dengan diri sendiri. Kadang, saya akan mengatakan kalimat berikut kepada diri saya sendiri,

Maafkan saya,..ya,..akhir-akhir ini saya terlalu egois dengan memaksa kita bekerja terlalu keras, saya memahamimu“.

Tiada salahnya untuk berbicara pada diri sendiri dan tiada salahnya untuk meminta maaf dan bahkan tiada salahnya untuk menjalin hubungan dengan diri sendiri. Langkah pertama ini mempersipakan saya lebih baik dalam melanjutkan pada langkah-langkah lanjutan lainnya.

Anda perlu mengistirahatkan diri. Ya, ini adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Keadaan ini, dapat diakibatkan oleh penurunan daya tahan tubuh. Flu ini diakibatkan oleh ‘berkuasa’nya virus dalam bagian tubuh kita. Mungkin karena sel-sel tubuh kita yang sudah terlalu lelah bekerja, maka sel-sel ini menjadi lemah dan sangat mudah diserang oleh virus. Perlu diketahui pula bahwa virus adalah makhluk hidup yang sangat setia tinggal didalam tubuh kita. Ia akan menampakkan diri pada saat-saat tubuh kita menjadi lemah.

Mengistirahatkan diri bukan berarti mematikan ‘sel-sel’ ini dan menghidupkannya kembali ketika kita kembali bangun. Tapi, dengan beristirahat, kita dapat membantu sel-sel ini memperbaiki diri dan menyiapkan senjata perang untuk melawan para penyakit didalam tubuh kita.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi. Anda tidak selalu harus menyalahkan diri sendiri. Anda hanya perlu waktu untuk introspeksi diri, apakah anda sudah melakukan dan menerapkan kebiasaan hidup sehat ?. contoh, makan-makanan bergizi atau berolahraga ?. tanda dan gejala sakit ini wajar terjadi jika anda setiap harinya hanya makan 1-2 kali sehari, tidak teratur dengan variasi menu makan antara sarden dan mie saja. Anda perlu lebih banyak mineral dan vitamin, karbohidrat, protein dan unsur lainnya. Saya akan segera merubah menu dan pola makan, saya akan memasak lebih banyak sayuran dan mengonsumsi lebih banyak buah-buahan. Buah-buahan yang saya pilih adalah melon, biasaya. Disamping harganya yang relative lebih murah, melon mengandung banyak air yang sangat saya perlukan untuk mengganti cairan yang hilang akibat keluarnya uap panas dari tubuh saya.

Anda tidak memerlukan antibiotic, Anda hanya memerlukan vitamin dan obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apakah hal ini kedengaran sangat aneh ?. awalnya, saya juga berpikir demikian. Karena ketika saya masih kecil, ibu saya selalu memberikan saya obat flu ketika saya mengalami tanda dan gejala seperti ini. Bahkan tidak dapat ditahan, ibu saya juga dengan bersemangat memberikan antibiotic contohnya, Ampicilin yang diharapkan membantu. Tapi, TIDAK SEMUA PENYAKIT MEMERLUKAN ANTIBIOTIK. Seperti halnya dalam kasus ini. Anda hanya memerlukan vitamin dan obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin yang menjadi pilihan saya adalah vitamin C yang saya konsumsi selama 3 kali dalam sehari. Tapi, tergantung juga pada dosis yang saya konsumsi. Mengonsumsi vitamin ini juga perlu diiringi dengan banyaknya konsumsi air mineral. Alasannya sederhana, agar vitamin ini dapat larut dengan cepat dan mudah dalam pembuangan unsur yang tidak perlunya. Obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sering ditemukan di jual bebas di Indonesia dan tidak harus dengan resep dokter. Jadi, tidak usah khawatir. Konsumsi vitamin dan obat ini lalu istirahat.

Jika, beberapa tips diatas tidak bekerja pada Anda, maka inilah saatnya Anda berkunjung ke Dokter dan memeriksakan kondisi Anda. Jangan lupa untuk menyediakan dana yang cukup untuk dapat membayar jasa dokter dan obat-obatan yang akan diresepkan kepada Anda.

Ini adalah beberapa hal yang biasanya saya lakukan. Saya harap ini dapat membantu.

Salam dan doa.

Thanks for your comment

