MENGAWALI PAGI DENGAN LEBIH BERSEMANGAT

20130423_hellovenus_teaser4

Waktu baru saja menunjukkan pukul 8.45 am dan saya memiliki banyak waktu luang dan sambungan internet yang sangat lancer saat ini. Tiba-tiba sebuah ide terbersit didalam kepala saya dan saya ingin membagikan hal ini kepada dunia. Saya teringat dengan perkataan seorang wanita yang merupakan public figure, “ I love to share a beautiful things “. So, perkataan ini menginspirasi saya pagi ini untuk menuliskan beberapa ide gila ini.

Kita semua pasti pernah melewati pagi. Awal dari hari yang baru dan merupakan pintu gerbang untuk mencapai kesuksesan. Ya,..definisi pagi hari tergantung pada kita masing-masing. Bagaimana kita memberikan arti pada suasana dan situasi pagi hari. Saya adalah sebagian orang yang memiliki pengalaman paling tidak menyenangkan di pagi hari. Dapat dikatakan saya orang yang sangat malas untuk bangun pagi. Tapi, akhir-akhir ini karena saya tinggal dan hidup di Biara Biarawati, saya mulai menjadi terbiasa bangun pagi dan belajar untuk memulainya dengan sangat dan lebih bersemangat.

Sadari bahwa hidup adalah sebuah anugerah. Saya merenunginya sebelum saya pergi tertidur. Ya,..hidup adalah anugerah. Apa yang kita terima dalam hidup ini adalah pemberian Cuma-Cuma. Oke, mungkin kita harus membayar apa yang kita makan dan apa yang kita pakai. Tapi, coba lihat lebih jauh, dari mana asalnya makanan, dari mana asalnya pakaian. Semuanya tiada lain adalah anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Lakukan beberapa peregangan di tempat tidur sebelum benar-benar turun dari tempat tidur. Saya tidak melakukannya setiap kali bangun pagi, harap dimaklumi saya orang yang terbiasa terburu-buru melakukan sesuatu termasuk bangun pagi. Tapi, hal ini tidak baik untuk di contoh. Ambil positifnya saja. Peregangan yang dilakukan akan membuat aliran darah menjadi lancer terutama menuju ke otak yang akan membuat otak memaksimalkan kerjanya, termasuk menambah perasaan “semangat” kedalam hidup kita. Peregangan kadang dapat diganti dengan gerakan membersihkan tempat tidur sambil melakukan beberapa gerakan menari atau menggoyangkan beberapa bagian tubuh.

Mandi. Ya,..mungkin terdengar sangat aneh. Seperti sebuah lagu yang sering didengarkan ketika kita masing muda belia, “ bangun tidur kuterus mandi,..tidak lupa menggosok gigi,..”. tapi, hal ini ada benarnya. Mandi akan membuat perasaan “segar” dan secara otomatis menghidupkan kembali diri kita yang sebelumnya masih berada didalam perasaan “antara ada dan tiada”. Mengguyurkan air ke permukaan kulit kita akan merangsang hidupnya saraf-saraf yang sebelumnya beristirahat ketika kita tidur, oleh sebab itulah maka mandi menjadi sangat penting. Jika kita ganti menjadi “ mencuci dan membersihkan wajah “, apakah akan memberikan hasil yang sama. Saya pernah mencobanya dan hasilnya tidak sebaik ketika saya memutuskan untuk mandi dan membasuh seluruh tubuh saya. Menarik bukan?. Ya, jika hanya wajah saja yang diguyur air, maka dapat dipastikan beberapa menit kemudian kita akan kembali mengantuk dan kehilangan semangat.

Katakan “ semangat”. Oke, kekuatan kata-kata adalah kekuatan yang jangan pernah disepelekan. Mengatakan kata ini secara berulang-ulang sambil membayangkan diri menjadi bersemangat akan memberikan efek positif kepada tubuh. Secara lambat lain maka otak akan memerintahkan anggota tubuh mengikuti apa yang dipikirkan.

Berdoa. Apakah cara ini tidak pernah terpikirkan ?. oo,..tidak. beberapa artikel yang saya temukan menunjukkan bahwa berdoa dipagi hari memberikan semangat tersendiri kepada orang yang melakukannya. untuk langkah ini, saya melakukannya dengan pergi ke kapel atau ke gereja untuk mengikuti misa pagi. Misa pagi bagi saya adalah vitamin tambahan bagi bekal saya dipagi hari. Bahkan akhir-akhir ini menjadi sarapan pagi paling mujarab dalam hidup saya. Saya menikmati saat-saat hening ketika masuk kedalam gereja dan berlutut di depan salib. Aneh ?. ya,..mungkin Anda harus bertanya kepada Tuhan, mengapa saya menjadi seperti ini. Saat-saat hening dalam doa akan mengantarkan kita pada keadaan pengaturan dan pengolahan alam bawah sadar dengan bantuan alam sadar. Secara otomatis alam sadar men’dikte’ alam bawah sadar untuk melakukan apa yang dikehendaki oleh alam sadar. Tentu saja perlu persiapan alam sadar yang matang. Oleh sebab itulah perlu sikap positif dalam diri yang dimulai dari pagi hari.

Membaca. Kadang, ada beberapa orang yang akan mengatakan hal seperti ini, “ Membaca hanya akan membuat kita bertambah mengantuk”. Oke, saya tidak dapat mempersalahkan hal ini. Keadaan tersebut dapat saja terjadi pada beberapa orang. Tapi, tidak bagi saya. Membaca adalah kegiatan paling bersemangat dipagi hari bagi saya. Membaca akan merangsang otak yang sebelumnya bekerja dengan irama lambat menjadi terpacu untuk meningkatkan kerjanya. Tentu saja, bukan berarti otak berhenti bekerja, hanya saja ya,..ketika kita beristirahat, otak masih saja bekerja untuk menyimpan memori meskipun dalam irama kerja yang slow respon.

Demikian beberapa langkah-langkah yang dapat saya bagikan terkait dengan aktivitas saya di pagi hari yang membuat saya sangat bersemangat untuk mengawali pagi. Semoga bermanfaat.

Salam dan doa.

Thanks for your comment

